Rabu, 08 April 2015

Tulisan TOU 2 Minggu 3

Berenang Bagus Untuk Penderita Asma



            Assalamualaikum wr.wb, sebelum saya membahas artikel ini, saya adalah penderita asma dikarenakan keturunan dari orang tua saya, awalnya saya tidak mengetahui bahwa saya terkena penyakit asma, saya sadari ketika saya berolahraga bersama teman saya, baru sebentar saya berlari saya sudah sulit bernafas dan dada saya terasa sesak, dan saya mulai mencari referensi bagaimana menyembuhkan asma secara alami yaitu dengan berenang.
Sebenarnya banyak terapi yang bisa dilakukan untuk membuat kita menjadi sehat, dan khusus pada pembahasan kali ini kita akan memfokuskan terapi bagi para penderita asma.

Diantara terapi yang sering dianjurkan bagi para penderita asma adalah berenang, karena olah raga diair ini ternyata banyak memberikan manfaat, diantaranya adalah memberikan relaksasi, meningkatkan kesehatan jantung dan paru – paru serta sangat ampuh untuk membakar kalori. Selain itu sekitar 10 centimeter diatas permukaan air terdapat udara yang sangat baik sehingga sangat baik untuk organ pernafasan.







Udara diatas permukan air adalah udara yang paling baik, karena memiliki kelembaban yang cukup tinggi mencapai 94%. Dalam laman klinik asma dan alergi dr. Indrajana dijelaskan bahwa kelembaban udara diatas permukaan air dapat mencegah penguapan ( water loss ) dari paru – paru. Adapun posisi tubuh saat berenang memungkinkan beban sirkulasi paru berkurang, dan tekanan  didalam air dapat mengontrol irama pernafasan. Renang dikenal olah raga non-grafitasi, walaupun air itu sendiri berada dalam pengaruh grafitasi bumi.

Tentunya penderita asma yang ingin melakukan aktifitas renang, harus memperhatikan kemampuan dan kondisi kesehatan. Bila belum mampu berenang layaknya orang sehat bisa dimulai dengan bertahap dan jangan memaksakan diri. Gerakan renang secara umum mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan memperbaiki saluran pernafasan, sehingga dengan rajin berenang diharapkan nafaspun menjadi lengang. Gerakan air yang menekan syaraf – syaraf tubuh khususnya pada bagian saluran pernafasan juga dapat mengusir berbagai factor penyumbatan sehinga nafas menjadi lega.

“ Ajarilah anak – anak kalian berenang, memanah dan menunggang kuda “

( HR. Bukhori dan Muslim )

Dengan melakukan renang akan melatih seluruh otot pernafasan mulai dari dada, perut, bahu dan pundak. Semuanya ikut bergerak sehingga dapat memperbaiki kundisi pada penderita asma. Renang yang dilakukan 3 – 5 kali dalam seminggu dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan paru – paru, terlebih aktivitas renang dilakukan dengan baik. Aktivitas renang yang dilakukan dengan baik antara 1 – 2 jam setidaknya dapat membakar 275 kalori/jam. Selain itu renang yang baik dapat membantu mempertahankan tekanan darah dan kolesterol yang berdampak pada kesehatan liver. 

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Mareta Isti Rosetya dan Hardian dari fakultas kedokteran Universitas Diponegoro Semarang terhadap 20 orang mahasiswa yang berenang rutin dengan baik dan yang tidak berenang selama 3 bulan, ternyata kelompok mahasiswa yang berenang dengan  rutin mengalami peningkatan arus puncak Ekspirasi, atau peningkatan fungsi organ paru – paru dan saluran nafasnya dibandingkan dengan para mahasiswa yang tidak terlatih berenang.

Untuk itu bagi para sahabat yang belum terbiasa dengan olahraga ini mari kita mulai untuk membiasakannya demi untuk menjaga kesehatan jasmani kita dan menjalankan Sunnah Nabi kita Muhammad saw. Wassalamualaimu wr.wb, semoga bermanfaat.


Referensi : http://pasarherbaltop.blogspot.com/2012/05/terapi-asma-dengan-renang.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Etika, Profesi & Profesionalisme, Modus Komunikasi, IT Forensik dan Peraturan UU ITE

1. Pengertian Etika Pengertian Etika (Etimologi), berasal dari bahasa Yunani adalah “Ethos”, yang berarti watak kesusilaan atau ada...